Keluarga

School From Home: Penilaian Tengah Semester Dari Rumah?

Bisa gak PTS dilakukan sampling aja, dipilih siapa yang harus mengikuti dan siapa yang tidak. Jadi, untuk PTS kali ini tidak akan ada remedial?

AHMAD.SUBAGIYO.COM, CILEUNGSI – Beberapa hari yang lalu, si Kakak senang banget-banget kalau tahun ini gak ada UN alias Ujian Nasional. “Iya Yah, UNBK khan Ujian Nasional Batal (karena) Korona,” kata Kakak tiba-tiba. Tapi dia diam seribu bahasa waktu ditanya tahu darimana kalau kepanjangan UNBK begitu. Sore ini, Jum’at 3 April 2020 suasana berbeda memenuhi kamar, saya yang baru bangun tidur karena hampir dua pekan menjalankan WFHWork From Home– diberondong pertanyaan.

Bla bla bla… bertubi-tubi si Kakak mengajukan pertanyaan, ditambah lagi bundanya yang memperkeruh suasana. Bagaimana nanti kalau begini kalau begitu… Mereka berdua kompak bingung bersama, bagaimana nanti caranya pakai Zoom, setelah ada info pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS). Wait a minute, dengan berat hati dan sangat terpaksa, saya harus panjat pesan WhatsApp dari sekolah. Ya ampun, ini khan sesuatu yang berbeda. Sekedar info ya gais, pagi hari Bu Guru info kalau akan ada sekolah daring (School From Home, SFH) menggunakan aplikasi Zoom dan meminta orang tua untuk install aplikasi Zoom.

Untuk PTS sendiri belum ada info secuilpun dari sekolah melalui Bu Guru, hanya ada pertanyaan dari salah satu wali murid kapan PTS dilangsungkan dari jam berapa sampai jam berapa dan apakah dilaksanakan serentak. Pertanyaan di atas dikirim sekitar pukul 18:24 WIB dan semenit kemudian langsung dijawab Bu Guru. So, kita tunggu aja jadwal pastinya yang bakal di-share dari sekolah. Sebagai langkah antisipasi tanpa harus mengeluarkan protokol seperti pemerintah, kita langsung praktek meeting (sekolah daring, red) dengan aplikasi Zoom. Saya pakai laptop di ruang oval sementara Kakak pakai gawai pintar dari kamar.

Berikut penampakannya…

PTM alias Penilaian Tengah Malam dalam rangka persiapan PTS sekolah Kakak

Berikut informasi apa itu Penilaian Tengah Semester, cekidot…

Intinya mah evaluasi, sekolah sebagai lembaga pendidikan melakukan evaluasi untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi siswa didik. Istilah yang dikenal di sekolah (SDIT) antara lain: ulangan harian, Ulangan Tengah Semester (UTS) sekarang istilahnya Penilaian Tengah Semester (PTS), kemudian ada Penilaian Akhir Semester (PAS) saat semester ganjil, sedangkan ketika semester genap istilahnya disebut Ujian Kenaikan Kelas (UKK), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). CMIIW

Bagimana kalau PTS nantinya dilakukan secara daring? Enak dan gak ribet, gak perlu mencari ruangan tempat ujian, gak perlu cetak kartu ujian. Pertanyaannya adalah apakah semua siswa harus mengikuti PTS pada situasi saat ini (pandemi COVID-19)? Bisa gak PTS dilakukan sampling aja, dipilih siapa yang harus mengikuti dan siapa yang tidak. Jadi, untuk PTS kali ini tidak akan ada remedial?

Review Score
  • Design
  • Flexibility
  • Performance
  • Durability
3.3